Pages

Sabtu, 01 Juni 2013

Apa Itu Blog


Mbahe SEO - Apa itu blog, Bismillah di awal postingan saya yang baru ini, saya akan bercerita tentang Apa Itu Blog? Kalau kita suka dunia maya ataupun seneng online, pasti tidak asing lagi yang namanya blog, akan tetapi bagi orang awam , tidak banyak dari kita yang tahu apa itu blog dan apa kegunaan blog?untuk itu lanjutkan menyimaknya.

Blog adalah media sebagai tempat menuliskan ide, kreatifitas, opini catatan dan sebagainya dalam bentuk postingan-postingan yang di update secara online dari penggunanya sehingga pembaca dunia maya dapat melihat semua data yang dibagikan oleh penulis kepada para pembaca, dalam hal ini penulis atau narablog kita sebut blogger

Menurut Wikipedia,
Blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama) meskipun tidak selamanya demikian, situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Blog)

Sesuai dengan definisi blog itu sendiri, blog dapat diartikan secara umum sebagai wadah postingan online yang dapat diakses oleh user di dunia maya, dengan blog kita dapat saling membagikan  informasi kepada semua orang tanpa batasan waktu dan wilayah.Awalnya blog tidaklah seperti blog yang kita lihat saat ini yang sudah membahas aneka topik layaknya sebuah website, blog dengan berbagai penyedia layanan seperti blogspot, wordpress, multiply dan lain sebagainya pada hanya di gunakan sebagai diary atau menuliskan catatan kecil harian.

Dengan perkembangan blog yang semakin maju, blog dengan domain gratis dari blogspot dan wordpress pun tampil dengan manfaat yang semakin kompleks, mulai bersaing dengan keyword tertentu, memperdalam SEO, desain template dan sebagainya. bahkan kegiatan blogging saat ini bukan lagi kegiatan sekedar realisasi hobby namun juga sudah berkembang menjadi profesi bagi sebagian orang. Banyak blogger yang memotize blog nya menjadi sumber penghasil uang, mulai dari uang jajan hingga bisnis online seperti beberapa blogger terkenal Anne Ahira pemiliki AsianBrain yang sering disebut sebagai otak asia atau ratu internet.

Keseriusan blogging (istilah bagi seorang blogger dalam mengelola blog) semakin meningkat di kalangan blogger indonesia, memiliki blog dengan trafik tinggi, disenangi pengunjung dan lain sebagainya merupakan sisi kebanggaan tersendiri. Mereka bahkan mau membeli atau lebih tepatnya menyewa nama domain berbayar seperti com, net, org, or.id dan lain sebagainya. Untuk tingkat yang lebih serius ada yang memberi hosting sendiri.

Kemajuan yang pesat ini pula, banyak blogger terus dipacu untuk mengembangkan blognya menjadi lebih baik, maka dari itu hadir beberapa upaya dari blogger untuk membantu blogger pemula yang baru mengenal dunia blogging , misalnya dengan bantuan Jasa Pembuatan Blog, hanya dengan mengeluarkan beberapa rupiah saja kita sudah bisa miliki blog dengan standar yang cukup, tentunya hal ini dilakukan oleh para master yang mengerti seo dan lain sebagainya.

Blog merupakan bagian dari penyalur inspirasi yang memuat sebuah informasi berupa postingan (tulisan) yang dimuat pada sebuah halaman web umum. Blog adalah singkatan dari weblog ini mempunyai keunikan karena memiliki komunitas tersendiri. Blog dalam memuat postingan (tulisan) biasanya mengurut terbalik menempatkan postingan terbaru kemudian di ikuti oleh postingan yang lama, meski tidak selalu demikian. Blog dapat di akses oleh semua Pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Ada berbagai macam blog di antaranya seperti:

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog agama: Membahas tentang agama.
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka.
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog).


Blog mempunyai beberapa element seperti HEADER, BODY, SIDEBAR dan FOOTER, dimana di dalamnya terdapat sebuah kode script bisa berupa xml, xhtml, html, java script, j query, atau lainnya. Header bertajug tema dari sebuah blog, body tempat dimana posting (tulisan dimuat untuk ditampilkan), sidebar sebuah fitur berfungsi menambah element yang duperlukan seperti link, lebel, dan lain sebagainya dan terakhir adalah footer yang dapat digunakan untuk menampilkan informasi tambahan tentang blog tersebut.

Nah itu tadi teman yang bisa saya sharekan tentang Apa Itu Blog, Untuk Langkah-langkah memulai blog mengunjungi Cara Membuat Blog. Sekian dari saya terimakasih dan semoga bermanfaat

2 komentar:

Dera mengatakan...

Thanks artikelnya.. sangat membantu sekali

dompet hp kulit tahan lama mengatakan...

Thanks a lot, lengkap sekali info tentang blog nya.. ini akan sangat cocok bagi pemula ya, semoga bisa sering mampir dompet hp kulit pilihan wanita

Posting Komentar